Kehendak Perubahan Harus Dimenangkan...!

"Masalah yang dihadapi bangsa ini bersifat fundamental dan radikal, yakni pudarnya kesadaran kebangsaan dan kacaunya pemahaman kedaulatan rakyat dalam sistem kenegaraan kita. Oleh sebab itu penyelesaiannya mutlak bersifat fundamental dan radikal pula
"

Selasa, 05 Juli 2011

KEHENDAK PERUBAHAN HARUS DIMENANGKAN...!

Jeffrey A Winters soal Capres 2014: Rizal Pendobrak, Mahfud Berprinsip

Jeffrey Winters
[JAKARTA] Pakar politik dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat, Jeffrey A Winters menyampaikan kekuatan dan kelemahan beberapa nama yang disebut-sebut bakal bertarung dalam Pilpres 2014. Dua kandidat yang dinilai layak menjadi capres adalah Rizal Ramli dan Mahfud MD.

Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli dikenal sebagai pemikir yang supercanggih. Dia tidak pernah superfisial melihat masalah-masalah yang dihadapi Indonesia dan tak ragu mengambil keputusan. Hal itu berbeda dengan sikap low risk SBY yang tahu banyak tetapi bicara terus daripada bertindak. Rizal mempunyai track record yang high risk, high reward.  Dibanding kandidat lain, Rizal paling berpotensi sebagai pendobrak dan figur perubahan. Dia mempunyai latar belakang sebagai pejuang untuk rakyat sejak 1978 di ITB, serta berani melawan rezim Soeharto dengan segala risiko, yakni ditahan dan disiksa, tetapi tetap berjuang.

DR. Rizal Ramli

“Dia memperjuangkan sistem hukum dan HAM dengan tegas, sangat

antikorupsi, dan tidak mau didikte oleh superpower asing. Jangan heran kalau yang melawan dia di tingkat elite dan internasional cukup banyak.  Mereka takut karena dia pasti action-oriented dan tidak bisa diintimidasi,” katanya.

Sedangkan kelemahannya, kata Jeffrey, Rizal jauh lebih dikenal di tingkat elite dan kawasan kota, tetapi belum tembus sampai ke desa. “Kalau Rizal dapat menemukan strategi tepat untuk masuk ke desa dan daerah, dia akan cepat menjadi fenomena yang membuat partai-partai besar bergetar,” ujarnya.

DR. Moh. Mahfud MD


Sedangkan, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD memiliki rekam jejak yang hebat. Dia menjadi figur penting di lingkaran satu mantan presiden Abdurrahman Wahid. Mahfud berprinsip tinggi dan tidak bisa dibeli seperti ribuan hakim lainnya, sehingga menjadi tokoh penting di MK sebagai satu-satunya institusi yang masih dipercaya rakyat. “Indonesia yang saat ini menjalani semacam sistem demokrasi tanpa hukum alias demokrasi kriminal, sebaiknya memiliki capres seperti Mahfud. Seperti kasus Rizal Ramli, jangan harap partai yang dikuasai oleh uang belaka akan mendukung calon seperti Mahfud,” ujarnya. [A-16]

Sumber : http://www.suarapembaruan.com/politikdanhukum/rizal-pendobrak-mahfud-berprinsip/8071

Tidak ada komentar:

Posting Komentar